Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Fotoperiodisme

Fotoperiodisme adalah panjang penyinaran yang  diperlukan tumbuha rata-rata pada setiap hari untuk dapat memberi respons berbeda-beda. Respons tersebut diatas dikendalikan oleh pigmen fitokrom yang dapat mengabsorbsi cahaya.



Berdasarkan perbedaan respons terhadap fotoperiodisme khusus terhadap pembungaan, jenis tumbuhan dapat dikelompokkan menjadi:
Tumbuhan berhari pendek (shot-day plant), yaitu kelompok tumbuhan yang hanya dapat berbunga bila mendapat cahaya rata-rata setiap hari dengan panjang penyinaran lebih pendek daripada periode kritisnya. Contohnya terdapat pada strawberi, dahlia, aster, krisantinum.
Tumbuhan berhari panjang (long-day plant), yaitu golongan tumbuhan yang hanya dapat berbunga bila mendapat cahaya rata-rata setiap hari dengan panjang penyinaran lebih panjang daripada periode kritisnya. Contohnya terdapat pada gandum, kentang, selada, bayam.
Tumbuhan berhari netral (neutral-day plant), yaitu golongan trumbuhan yang kemampuan berbunganya tidak bergantung pada perubahan panjang penyinaran yang diterima setiap hari. Contohnya terdapat pada mawar, anyelir, bunga matahari.


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

3 komentar:

Unknown mengatakan...

Arigatou

Godver mengatakan...

Wakarimaste..

Vita Kusuma mengatakan...

bagus blognya

Posting Komentar